Menjelang 2023…

Melihat ke belakang, tahun 2021 hingga 2022 adalah tahun yang lumayan melelahkan bagi saya, terutama secara “psikis”. Namun, terlalu banyak celah untuk ndak perlu merasa susah dan selalu bersyukur melewati dua tahun terakhir, mulai rumah baru, sampai bisa melanjutkan sekolah lagi akhir tahun ini. Beberapa hal yang terjadi belakangan sudah berlalu dan ya.. tidak ada gunanya berlarut-larut dalam kesusahan.

Diantara banyak hal yang terjadi dalam dua tahun terakhir, ada satu hal yang baru saja saya sadari. Ternyata selama dua tahun terakhir saya tidak mempublikasikan apapun di blog ini! Hanya ada satu publikasi yang saya publish pada bulan lalu yaitu rangkuman tentang bacaan saya terhadap kitab Muqaddimah karya Ibnu Khaldun yang sebenarnya sudah ditulis pada tahun 2020.

Akhirnya, 2022 akan selesai hari ini. Lalu, 2023 mau ngapain? Ya seperti biasa, melanjutkan yang sudah-sudah. Saya memang ndak terlalu suka merencanakan sesuatu secara detail dan spesifik. Tapi ini bukan berarti saya ndak punya cita-cita dan harapan ya. Semoga saja 2023 besok saya kembali rajin menulis di blog ini, membagikan apapun yang bisa dibagikan.

Setidaknya ada beberapa karya tulis yang semoga bisa diselesaikan tahun 2023 besok. Pertama adalah buku kecil yang saya beri nama Al-Risalah al-Muyassarah fi Fiqh al-‘Ibadah ‘ala Madzhab al-Sadah al-Syafi’iyyah min Kitab al-Thaharah ila Kitab al-Shalah berbahasa Arab. Kedua adalah Mukhtasor al-Tibyan fi Adab Hamalat al-Qur’an yang juga berbahasa Arab. Ketiga adalah Syarah Kitab Arbain Nawawi berbahasa Arab dan Indonesia. Ketiganya (dalam rencana saya) akan digunakan sebagai buku ajar guna memudahkan proses belajar mengajar di pondok kami.

Saya betul-betul meyakini salah satu potongan dawuh Nabi saw sebagaimana dikutip oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari dalam Arba’innya:

اعملوا فكل ميسر لما خلق له
Beramallah, karena setiap sesuatu (pasti) dimudahkan untuk apa sesuatu itu diciptakan.”

Hadis Nabi saw

Maka, jika memang seseorang telah ditakdirkan sebagai orang yang ahli kebaikan, ia akan dimudahkan melakukan kebaikan. Sedangkan orang yang telah digariskan sebagai ahli keburukan, ia akan mudah pula melakukan keburukan. Semoga semua harapan baik dan cita-cita luhur kita senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah swt. Bismillah 2023.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.